Paper Heart

Paper Heart

Thursday, October 16, 2014

Aku dan K-Pop



Ada beberapa kejadian yang cukup mengejutkan bagi para K-Pop'ers (pecinta musik-musik Korea). Mulai dari keluar nya member girlband atau boyband Korea, sampai berita rencana pernikahan salah satu member boyband yang menuai banyak pro dan kontra.
Jujur, saya sangat menyukai musik-musik korea. Pun menyukai para penyanyi nya. Saya juga menjadi fans berat (namun tidak fanatik) terhadap sebuah girlband, sebuah boyband dan sebuah band yang tidak asing lagi bagi para K-Pop'ers. Memang saya juga sama terkejutnya dengan K-pop'ers lainnya ketika mengetahui banyak berita 'tidak biasa' sejak bulan lalu. Dimulai sejak keluarnya salah satu member girlband favorit saya. Mengejutkan ketika mengetahui berita ini langsung dari si member melalui update nya di media sosial. Kecewa? Iya. Saya menyukai girlband ini karena musikalitas mereka yang tidak diragukan lagi, juga karena kekompakan mereka selama beberapa tahun berkarir bersama, namun mau tidak mau saya (dan para penggemar lainnya) harus menerima keputusan yang 'hanya mereka, agensi dan Tuhan yang tahu'. Lalu, tidak lama kemudian, saya membaca artikel tentang pernikahan salah satu member boyband yang paling saya suka dari seluruh boyband yang ada dialam semesta. Untungnya, member yang akan menikah ini bukan member yang saya idolakan dengan segenap hati *ceileeh* kalau para K-Pop'ers menyebutnya 'bias', dimana kita mengidolakan salah satu member di sebuah boyband, girlband atau band melebihi kita mengidolakan member lainnya. Misalnya, dalam boyband X ada 5 member, yakni A, B, C, D, E. Saya sangat mengidolakan boyband tersebut, namun ada salah satu member yang saya sukai lebih dari saya menyukai member yang lain, saya menyukai A lebih dari saya menyukai B, C, D, E, walau saya tetap menyukai mereka secara keseluruhan, member A itulah yang saya sebut 'bias'. okay, back to the topic. 
Tapi yang nggak habis pikir, banyak sekali fans yang merasa sakit hati atas keputusan member tersebut untuk menikah, bahkan ada yang sampai melukai diri sendiri (untuk melampiaskan kekecewaannya) dan menguploadnya ke sosial media. Mengherankan. bukankah idol itu juga manusia biasa? Mereka butuh menikah. kenapa keputusan wajar tersebut justru membuat para penggemar sampai melakukan tindakan yang tidak masuk akal? Sakit hati? oke. Tapi sampai menyakiti diri sendiri bukankah itu bodoh? APa yang diharapkan dengan melakukan itu? Berharap rencana pernikahan sang idola akan dibatalkan? 
Saya sendiri jadi bertanya-tanya, apa yang terjadi pada manusia belakangan ini, mengapa bisa dengan mudah menyakiti diri sendiri demi seseorang yang tidak mengenal mereka secara langsung? Saya juga penggemar K-Pop, saya penikmat musik nya, saya penikmat penampilan mereka, namun saya tidak terlalu tertarik dengan kehidupan pribadi mereka. Entah mereka mau memutuskan keluar, mereka mau menikah atau sebagainya, saya yakin mereka punya alasan yang tepat dan kuat untuk hidup mereka masing-masing. Tidak menutup kemungkinan saya juga akan sedih kalau 'bias' saya menikah nanti nya. Namun sekali lagi, mereka berhak atas hidup mereka. mereka berhak memutuskan untuk menikahi siapa, kapan dan dimana. Sebagai penggemar, saya hanya akan terus mendukung mereka. Apapun yang mereka lakukan, selama tidak menyalahi aturan Tuhan, aturan masyarakat dan aturan negara mereka, saya akan tetap mendukung idola saya, saya akan tetap menjadi penikmat karya-karya mereka.

No comments:

Post a Comment